Cara Membuat dan Resep Capcay Kuah Yang Enak



Resep Capcay - Masakan capcay kuah ini adalah masakan yang diadaptasi dari masakan chinese dan sangat kaya dengan berbagai bahan jenis sayuran. Kata “cap ini” mempunyai arti dalam bahasa cina yang artinya angka 10, dari nama yang berarti angka 10 tersebut melambangkan dari bahan sayuran yang di gunakan ada 10 jenis bahan sayuran.

Dengan banyaknya jenis bahan  sayuran yang digunakan di dalam masakan capcay ini, maka dari itu capcay ini adalah salah satu masakan yang sehat karena kandungan gizi yang bervareatip dari bahan sayuran-sayuran yang kita gunakan misalnya :

  1. Wortel kaya akan vitamin A dan serat.
  2. Kembang kol mengandung banyak viamin B9, C, dan K.
  3. Merang banyak mengandung asam amino esensial dan senyawa tripsin yang membantu mencegah sembelit.
  4. Maka dari itu setelah seharian perut kita tidak mendapatkan asupan nutrisi, dengan hidangan capcay ini sangat membatu sekali untuk memenuhi nutrisi yang tubuh kita butuhkan.
Cara Membuat dan Resep Capcay Kuah

Note : Supaya kandungan gizi dari sayuran tidak banyak hilang karena di masak, buntik jangan sampe mengolah capcay kuah ini terlalu lama atau matang. Kira-kira masak hingga ¾ matang saja sehingga rasa dan tekstur sayuran akan terasa renyah dan lezat ketika dimakan.


Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
15 minit 20 minit 35 minit 6 Porsi

No Bahan - Bahan Banyaknya
1 wortel, iris serong tipis 50 gram
2 kembang kol, iris per kuntumnya 100 gram
3 daun kol, iris 3x3 cm 100 gram
4 jamur merang, belah dua tiap kuntumnya 100 gram
5 sawi putih, iris 2 cm 100 gram
6 udang kupas 100 gram
7 fillet ayam, iris 2 cm 100 gram
8 daun bawang, iris 2 cm 5 batang
9 seledri, iris 2 cm 5 batang
10 sawi hijau, iris 2 cm 6 batang
11 buncis, iris 2 cm 6 batang
12 tomat, potong menjadi 4 bagian 2 buah
13 air 200 ml

No Bahan Bumbu Banyaknya
1 bawang putih, geprek 2 siung
2 minyak wijen 1 sendok makan
3 lada bubuk 1 sendok teh
4 saus tomat 3 sendok makan
5 garam 1 sendok teh
6 gula pasir ½ sendok teh

Cara membuat Capcay :
  • Pertama-tama tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan 1 sendok makan minyak wijen, 3 sendok makan saus tomat. dan tumis udang dan ayam hingga warnanya berubah warna.
  • Setelah itu langsung masukkan semua bahan sayuran yang telah di sediakan sebelumnya dan tumis sampai sedikit aga layu.
  • Kemudian masukkan air serta bumbum-bumbu yang lainnya seperti, garam, merica bubuk, dan gula.
  • Dan masak hingga sayuran aga setengah matang supaya kandungan gizi dari sayuran tersebut tidak hilang karena di masak.
  • Masakan Capcay ini paling enak dan lezat lebih baik di Sajikan selagi masih hangat.
Hidangan masakan capcay kuah di atas, meskipun bumbunya tidak banyak dan sangat sederhana tapi rasanya sangatlah enak dan lezat. dan juga waktu yang dibutuhkan dalam membuatnya juga tidak terlalu lama. Memasak masakan Capcay ini sangat cocok sekali bagi buntik yang tidak mempunyai banyak waktu dalam menyiapkan hidangan berbuka untuk keluarga di rumah. sekian dulu dan selamat mencoba resep capcay dari INIRecipes, semoga buntik dan keluarga di rumah menyukainya.