Cara Membuat Donat Kentang Mini serba 25



Donat Kentang Mini serba 25


Bahan-bahan

  • 250 gram Tepung terigu protein tinggi
  • 125 gram Kentang, yang sudah di rebus atau goreng dan haluskan
  • 25 gram Gula pasir, lebih baik diblender dahulu supaya mudah menyatu dengan bahan yang lainnya ketika kita uleni adonanya
  • 2.5 gram Ragi instan
  • 0.25 gram Garam
  • 25 gram Susu bubuk
  • 1 butir Kuning telur
  • 25 gram Margarin

Cara membuatnya

  1. Campur semua bahan yang telah di siapkan seperti dalam wadah, aduk dan uleni sampai kalis serta gula menyatu sempurna, kira-kira 10-15 menitan tidak lama ko dan sangat gampang sekali (barusan saya ngaduknya tidak sampe 10 menit adonannya sudah kalis) meskipun tanpa di kasih air .
  2. Setelah adonan sudah kalis, tutup dengan lap yang basah, wrap plastic atau tutup panci. Dan diamkan kira-kira kurang lebih 50 menitan, supaya adonannya mengembang.
  3. Lalu setelah adonan mengembang, kita tinggal menyetaknya dengan cara bulatkan adonan kecil2, supaya kelihatan rata timbang adonan masing-masing beratnya 25gram dan Bentuk dan kasih bolong tengah atau menurut selera masing2, atau anda dapat menggunakan cetakan donat kecil. Sekarang sudah banyak di pasaran, supaya mudah dan praktis dalam mencetaknya,
  4. Setelah selesai membetuk adonan, panaskan minyak goreng kemudian Goreng dan jangan lupa apinya jangan kebesaran supaya mateng dengan sempurna/tidak gosong. Adonan di atas dengan takaran serba 25 itu kira-kira menjadi 15 pcs.
  5. Setelah mateng kita tinggal taburi dengan gula tepung atau apa saja menurut selera masing-masing dan hidangkan.
  6. Selamat mencoba dan semoga berhasil serta nikmat donat yang anda bikin
Cara Membuat Donat Kentang Mini


Cerita di balik resep donak kentang mini ini


Sudah lama saya tidak makan donat, sampai saya lupa takaran resep yang biasa saya bikin, untuk saya mencatantanya di buku kecil saya, setelah saya cari-cari akhirnya ketemu juga, setelah saya buka resepnya lihat angka 25 langsung saya ingat karena resep donat kentang mini ini saya beri nama resep donat kentang mini serba 25, saya paling suka kalo bikin makanan takarannya yang tidak terlalu banyak karena rasa Manisnya pas sekali, selain itu untuk ngulenin adonanya tidak lama dan tidak pegal, serta ukurannya sekali untuk makanan ringan sambil nonton tv bersama keluarga, pokoknya enak, cepet, tidak pake lama dan ribet.